Pesatnya perkembangan teknologi di Tanah Air membuat para pelaku pemasar internet menyadari bahwa sosial media bukan hanya situs internet semata, namun lebih dari itu. Pakar media sosial William Liu mengatakan sosial media saat ini telah menjadi ruang publik. Bahkan, sudah menjadi salah satu strategi digital yang efektif untuk menggaet konsumen. “Media sosial diakses lebih dari ratusan juta orang setiap hari. Makanya tidak heran kalau para pelaku bisnis memanfaatkan teknologi ini. Sekarang coba kita lihat, perusahaan mana yang belum punya sosial media? Hampir semua punya. Mulai dari Facebook Fanpage, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. baik perusahaan besar, maupun menengah, telah menyadari pentingnya media sosial dalam bisnis mereka,” ujarnya kepada BisnisPost.com, Senin, (22/02).
Lebih lanjut, William memaparkan mengapa penting memanfaatkan media sosial dalam menjalani bisnis. “Media sosial ini punya peranan penting dalam menjalankan bisnis. Kenapa dikatakan penting? Pertama, semua orang saat ini mengkases medsos. Mereka setiap hari melihat berbagai macam postingan, bahkan dalam mencari produk yang mereka butuh saja, mereka cari di medsos ketimbang mencari di toko. Kedua, calon konsumen cenderung lebih mudah terpengaruh rekomendasi seseorang di sosmed. Ketika seseorang mengomentari sebuah brand di jejaring sosial, orang akan lebih percaya kepada produk atau jasa tersebut karena sudah pernah ada yang membuktikan. Begitu juga sebaliknya, jika sesorang komennya jelek terhadap suatu produk, maka calon konsumen yang lain dipastikan tidak akan membeli barang dari perusahaan itu. Jadi sedemikian ampuhnya rekomendasi seseorang di media sosial. Selanjutnya, orang akan cenderung memilih produk atau jasa yang memiliki akun medsos seperti Facebook, Twitter, atau Instagram,” terang William.
Masih menurut William, banyak perusahaan populer dalam negeri yang berhasil berkat strategi media sosial. Biaya juga tidak terlalu mahal, jika melakukan pemasangan iklan di Facebook dan media lainnya, serta tingkat keefektifannya membuat pelaku usaha gencar melakukan strategi marketing lewat media sosial. Hanya saja, lanjut William, dalam mengelola jejaring media sosial, pelaku usaha membutuhkan tim ahli. Pasalnya, meski kelihatan simple, ini bukan lah kegiatan mudah yang bisa dilakukan sembarang orang. “Dalam mengelola media sosial, perusahaan membutuhkan tim khusus atau spesialis yang handal dibidang ini. Mengelola medsos, sambil menjalankan bisnis ini bukan perkara mudah. Butuh fokus yang lebih, butuh mengatur startegi yang ampuh, jadi bukan sekedar asal posting produk saja,” ungkapnya.
Dengan banyaknya, kompetititor yang bermunculan, William mengingatkan agar pelaku usaha dapat lebih pintar dalam membaca situasi pasar, dan tahu produk atau jasa seperti apa yang dibutuhkan konsumen. “Semakin hari, semakin banyak kompetitor bermunculan. Persaingan bisnis terasa menjadi semakin sengit. Untuk itu pelaku bisnis harus mengambil langkah yang tepat. Dalam hal ini, perlu adanya kerja sama dengan tim sosial manajemen yang berpengalaman. Selain itu, hal yang tidak kalah penting juga adalah menjaga kualitas produk atau jasa yang dipasarkan. Sebagus apapun strategi marketingnya, bila produk mengecewakan, konsumen tetap akan beralih ke kompetitor. Karena, semua kembali lagi kepada konsumen. Mereka yang menentukan baik buruk nya kualitas produk Anda,” pungkas William yang juga merupakan Direktur PT Indo Menara Digital ini.
Ingin tahu lebih lanjut bagaimana teknik memasarkan produk melalui Media Sosial. Hubungi William Liu (Whatsapp: +62 813-7555-6969) atau di email: william[a]menaradigital.com.